Digit Oktavianto Web Log

Catatan Sampah si Digit

Localtunnel : Share Your Localhost to the Internet

| Comments

Halo Kawan.. Kali ini saya ingin berbagi dengan anda. Sharing kali ini akan membahas satu aplikasi dan layanan yang bernama localtunnel.

Apa itu Localtunnel? Localtunnel adalah suatu aplikasi dan layanan dari http://progrium.com/localtunnel/ yang terintegrasi menjadi satu. Aplikasi dan layanan ini memberikan fasilitas kepada kita untuk mem-forward aplikasi yang berjalan pada localhost kita agar bisa di akses semua orang melalui internet. Lalu, apakah perbedaan layanan localtunnel ini dengan layanan seperti web hosting biasanya?

Perbedaannya adalah disini localtunnel memberikan kita fasilitas untuk melakukan eksperimen jika kita masih khawatir web aplikasi yang kita buat, tidak berjalan dengan baik di internet. Selain itu bedanya adalah dsini kita tidak perlu mengupload web aplikasi kita ke server localtunnel seperti halnya kita mengupload web site kita ke layanan penyedia web hosting. Dengan menggunakan localtunnel, aplikasi yang berjalan pada localhost webserver kita tidak perlu di upload dahulu ke server, namun web aplikasi kita ttap dapat di akses semua orang di seluruh dunia melalui internet.

Konsep yang di tawarkan oleh localtunnel adalah, aplikasi localtunnel ini akan melakukan reverse tunneling connection antara web aplikasi di localhost dengan server <www.localtunnel.com> Layanan ini sangat berguna bagi anda yang membutuhkan akses temporary untuk melihat secara live, apakah web aplikasi anda berjalan dengan sempurna atau tidak jika di akses melalui internet. Cocok jika anda sedang melakukan unit testing, atau sedang melakukan debugging web aplikasi anda secara live.

Baik setelah penjelasan yang cukup mengenai localtunnel, langsung saja kita praktekkan menggunakan localtunnel ini. Berikut ini step-stepnya :

1. Install dependensi aplikasi yang di butuhkan :

digit@digit-laptop:~$ sudo apt-get install ruby ruby1.8-dev rubygems1.8 libopenssl-ruby

2. Install aplikasi localtunnel via RubyGem :

digit@digit-laptop:~$ sudo gem install localtunnel

3. Penggunaan localtunnel :

digit@digit-laptop:~$ localtunnel [options] [localport]

options adalah opsi yang akan digunakan, misal nya opsi -k yang digunakan untuk melakukan poses upload pubkey anda ke server localtunnel. localport adalah port dari localhost webserver anda, dimana web aplikasi anda berjalan. Misalnya anda mempunya web aplikasi yang berjalan di atas apache pada port 80, maka localport disana anda ganti menjadi 80. Contohnya seperti di bawah ini :

digit@digit-laptop:~$ localtunnel -k /home/digit/.ssh/id_rsa.pub 80

Proses upload pubkey pada opsi -k dilakukan hanya saat pertama kali anda menggunakan localtunnel, di proses selanjutnya opsi -k tidak perlu digunakan lagi, cukup menggunakan :

digit@digit-laptop:~$ localtunnel 80
Port 8080 is now publicly accessible from http://8bv2.localtunnel.com ...

Saat anda mendapatkan url seeperti di atas http://8bv2.localtunnel.com itu adalaah URL temporary web aplikasi anda. Anda bisa langsung mengakses web aplikasi anda di alamat tadi. Jika anda ingin memberhentikan proses nya cukup tekan Ctrl + C pada terminal anda dimana aplikasi localtunnel tadi sedang di jalankan. Kemungkinan besar URL seperti di atas tadi akan berubah-rubah setiap kali anda menjalankan localtunnel.


Selamat Mencoba. Happy Hacking :D

Comments