Digit Oktavianto Web Log

Catatan Sampah si Digit

Membuat Server Thin Client Dengan Solaris Menggunakan XDMCP

| Comments

Jadi begini kasusnya, saya sedang mengikuti training SA 400 Mengenai Solaris System Performance di PT Optima. Kebetulan saya membawa laptop sendiri, namun Solaris yang ada di laptop saya hanya lah berupa Appliance dalam Vmware, selain itu belum saya setting network nya agar bisa satu network dengan lab. Alhasil kalau ada praktik saya tidak dapat mengunduh file-file yang diperlukan dari komputer instruktur.

Saya bingung juga, ada beberapa cara sebenernya yang dapat saya lakukan waktu itu. Saya sudah mencoba telnet dan ssh ke beberapa mesin di lab, termasuk SSH ke laptop si Rachmat. Cuma, kalo hanya berupa SSH kan ndak seru, kalau ada sesi lab yang membutuhkan grafik, misalnya menampilkan SMC Solaris Management Console, jadinya saya kan ga bisa ikutan. Atau sesi saat menggunakan Dtrace Toolkit atau Chime. Saya juga ga bisa ikutan kalo cuma bisa SSH. Saya sudah mencoba lagi cara lain mengunakan VNC Client, untuk mengakses VNC Server yang Solaris nya ada di komputer si Rachmat. Namun apa daya, kalo saya menggunakan VNC CLient pun, ga full GUI bisa di tampilakan, hanya console saja, namun saya tetap bisa menggunakan fungsi aplikasi yang ada GUI nya kalo saya panggil aplikasi nya dari terminal, GUI nya bisa di load. Ya tetap saja tidak mewakili kondisi mesin fisik sesungguhnya kan.

Akhirnya usut punya usut saya browsing dan akhirnya bisa mengakses secara full menggunakan XDMCP. Yihaaaa. :D Saya mau berbagi nih. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

Sebelum memulai, saya akan memaparkan kondsi client dan servernya

Client (saya) : OS Windows 7 Aplikasi yang digunakan sebagai XDMCP Client Xming

Server : OS Ubuntu Solaris berjalan di atas Virtual Box (Inilah yang bakal kita garap :D )

Sekarang kita setting si Solaris nya :

  1. Buka terminal lalu ketik gdmsetup (Atau akses dari –> Launch –>Applications –> Utilities –> Administration –> Login Screen Setup)

  2. Lalu akan muncul Window Login Screen Setup

  3. Pilih tab XDMCP

  4. Centang Enable XDMCP

Langkah berikutnya adalah membuat user di Solaris agar bisa mengakses melalui XDMCP : 1. Buka Solaris Management Console melalui terminal (pastikan anda sudah menjadi root)

1
smc

  1. Pilih This Computer

  1. Dari Tree Directory sebelah kiri Pilih : System Configuration > Users > User Accounts.

  1. Klik kanan di area kosong Lalu Pilih : Add Multiple Users > With Wizard..

  1. Sekarang buat User Menggunakan Wizard. Pilih : Automatically Generate a series of user number (Jadi anda gak perlu bikin user satu persatu, cukup pake prefix nanti : misal train1, train2, dst). Bisa juga kalau mau namain usernya satu persatu, pilih pilihan yang paling atas :D


Selesai Konfig di Sisi Solaris nya. Sekarang kita coba dari Client nya :

  1. Downlload Xming disini –> <(http://sourceforge.net/projects/xming)>

  2. Mulai Xming, Pilih dengan pilihan One Window

  1. Pada langkah Selanjutnya Pilih Open Season via XDMCP

  1. Pada pilihan Connect to Host isikan IP Solaris tadi.

  1. Save Session Anda di Desktop agar mudah ketika memanggil ulang.

Selesai. Mudah bukan? :D


Selamat Mencoba. Happy Hacking :D

Reference : http://blogs.sun.com/angad/entry/getting_solaris_up_and_running

Comments