Digit Oktavianto Web Log

Catatan Sampah si Digit

Setting Plugin Java OpenGL (JOGL) Di Netbeans

| Comments

OpenGL(Open Graphic Library) adalah sebuah library terdiri dari berbagai macam fungsi dan biasanya digunakan untuk menggambar sebuah objek 2D ata 3D.

Selain OpenGL ada juga Graphic Library lainnya, yaitu directX (microsoft) memiliki fungsi yang hampir sama, namun DirectX lebih banyak digunakan oleh sebagian besar game developer karena beberapa fungsi DirectX nampaknya lebih memudahkan game developer untuk membuat game.

OpenGL biasanya digunakan dengan bahasa pemrograman C/C++, tapi bisa juga menggunakan java. OpenGL merupakan sebuah library untuk pemrograman grafik (Graphics Programming / GP). Dasar untuk mempelajari GP adalah terletak pada fungsi matematikanya, terutama operasi matriks. Pada GP yang perlu dipelajari adalah mengenai shading, shape, transform (rotate, translation, scala).

Untuk bahasa pemrograman yang cocok buat GP adalah bahasa Java, karena Java merupakan bahasa pemrograman yang sangat friendly sama graphics dan windowing. Library OpenGL pada Java dinamakan JOGL (Java OpenGL).

Kali ini kita tidak membahasa OpenGL dalam bahasa pemrograman C/C++, hanya setting biasa untuk mengawali langkah belajar JOGL (Java OpenGL)

Silahkan download Plugins JOGL di sini . Plugins ini masuk 10 besar top Plugin, dan most popular lho :D. Saya menggunakan Netbeans OpenGL pack ver 0.5.5 yang compatible dengan Netbeans 6.7.1. Setelah selesai anda download, anda extract file tersebut untuk nantinya di add pluginnya ke dalam Netbeans.

Untuk IDE yang kita gunakan kali ini adalah Netbeans, agar lebih mempermudah dan source tutorial yang banyak tersedia.

Berikut langkah-langkah untuk men-setting library JOGL pada Netbeans:

  1. jalankan Aplikasi Netbeans (Saya Menggunakan Netbeans 6.7.1, saat ini Netbeans 6.8 beta sudah di rilis)
  2. Klik –> Menu Tools –> plugins
  3. Pilih Tab Downloaded
  4. Klik tombol add Plugins.
  5. Browse ke directory tempat library Java openGL berada (yang berextensi .nbm)
  6. select all (Ctrl+A) (karena ada banyak library disana)
  7. Klik Open
  8. Install
  9. Next 10.Pilih “I accept the terms in all of the lincense agreements” Kemudian Klik Install 11.Tunggu sebentar kemudian Klik Continue 12.Tunggu sebentar kemudian klik Finish untuk merestart IDE Netbeans

Setelah JOGL terinstal pada Netbeans… pada IDE Netbeans telah disediakan demo contoh-contoh OpenGL pada Java. Muncul pada saat anda akan membuat New Project pada Netbeans.

Selamat menikmati. Oia anda bisa mencoba dari sample tutorial yang diseratakan, atau bisa juga belajar dari sini. DIsana banyak tutorial tersedia. Selamat Menikmati. Happy Coding :D

Comments