Digit Oktavianto Web Log

Catatan Sampah si Digit

Tools Download Powerful Dengan Wget

| Comments

Wget pertama kali dirilis pada tahun 1995 oleh Hrvoje Niksic dirlis dibawah lisensi GNU (general public license).Mungkin sudah banyak para pembaca yang mengetahui tentang wget, tapi masih banyak yang yang belum mengetahui opsi- opsi tentang wget, dan belum memanfaatkan opsi-opsi tersebut secara maksimal.

Keunggulan/Kelebihan yang dimiliki wget : -Gratis. -Non interaktif -Mirorring -Resume -Dukungan ekstensifile

Untuk menjalankannya anda perlu mengetikkan:

wget [OPTIONS] [URL]

dengan OPTIONS merupakan pilihan-pilihan yang bisa kita atur sesuai yang kita inginkan dan URL adalah lokasi file/situs yang ingin kita download. Seperti perintah-perintah pada Unix lainnya, anda bisa mencari manual online mengenai wget dengan mengetikkan ‘man wget’ atau gunakan ‘wget -h’ , anda bisa melihat detail mengenai wget lengkap dengan keterangan mengenai option-nya. Sekarang kita lihat contoh-contoh penggunaannya, dan akan lebih baik jika pembaca langsung mencobanya di komputer anda.

Anda ingin mendownload www.w3c.org, tinggal ketik: wget www.w3c.org Anda akan mendapatkan output kira-kira seperti: wget www.w3c.org –11:25:19– http://www.w3c.org:80/ => index.html' Connecting to www.w3c.org:80... connected! HTTP request sent, awaiting response... 301 Moved Permanently Location: http://www.w3.org/ [following] --11:25:42-- http://www.w3.org:80/ =>index.html’ Connecting to www.w3.org:80… connected! HTTP request sent, awaiting response… 200 OK Length: 12,014 [text/html]

0K -> ………. . [100%]

11:26:00 (2.59 KB/s) - `index.html’ saved [12014/12014]

Tapi jika koneksinya lambat atau filenya besar ukurannya, kita coba yang ini: wget -t 45 www.gnu.org

Ini akan mendownload dengan 45 kali try, atau kita juga bisa mengaturnya menjadi tak terhingga dengan: wget -t inf www.opensource.org

Untuk memudahkan, anda mungkin ingin mendownload di background: wget www.linux.org &

Karakter & akan membuat wget bekerja di background, yang berarti setelah perintah tersebut, anda bisa keluar dari sistem.

Sekarang untuk protokol ftp: wget ftp://ftp.cdrom.com

wget seperti browser lain akan mengatur user dan password. Dan isi direktorinya akan disimpan dalam bentuk html, sehingga kita bisa melihatnya. wget ftp://ftp.cdrom.com –11:39:39– ftp://ftp.cdrom.com:21/ => `.listing’ Connecting to ftp.cdrom.com:21… connected! Logging in as anonymous … Logged in! ==> TYPE I … done. ==> CWD not needed. ==> PORT … done. ==> LIST … done.

0K ->

11:40:02 (6.02 KB/s) - `.listing’ saved [450]

Removed .listing'. Wrote HTML-ized index toindex.html.1’ [908]. Anda ingin melihat daftar URL dari sebuah file: wget -i namafile

Sekarang anda ingin membuat mirror dari situs teman anda: wget -r www.ee.itb.ac.id

Atau mirror untuk layer pertama saja: wget -r -l1 www.itb.ac.id

Sekarang kita hanya ingin melihat informasi file-nya (header) saja tanpa mendownload situs tersebut: wget -S www.sajadah.net

Anda ingin display di layar disimpan di file tertentu: wget -o coba.txt www.nurulfikri.com

Sekarang, yang cukup menarik, jika anda ingin mendownload semua file gambar (jpg) di situs WWF untuk koleksi gambar anda. Tapi anda tidak bisa melakukannya dengan: wget www.wwf.org/*.jpg

Ini tidak akan berguna sama sekali, kita harus gunakan: wget -r -A.jpg www.wwf.org

Sekarang anda ingin agar wget tidak mendownload file yang sudah ada di direktori lokal kita: wget -nc www.internet.com

Atau justru sebaliknya anda ingin mengganti file di direktori lokal dengan yang baru: wget -c www.linuxapps.com

Sekarang anda ingin agar situs mirror anda tetap diupdate: wget –mirror www.setia.cjb.net

atau menggunakan option -r dan -N (keduanya sama dengan –mirror) . Begitulah contoh-contoh penggunaan wget, masih banyak option-option lain yang dapat digunakan tetapi akan terlalu banyak jika semuanya diungkapkan disini.

Opsi - Opsi Lain yg ad d wget :

-t (tries)

dengan opsi -t ini wget akan selalu mencoba apabila koneksi anda terputus- putus biasa nya di ikuti angka seperti wget -t45 [URL]. Maka wget akan mencoba sebanyak 45 kali.

-c (continue)

Dengan opsi ini jika download anda terputus di tengah-tengah maka wget akan mendownload dari titik putus, wget tidak akan mendownload dari awal lagi.

-r (recursive)

Opsi -r akan mendownload seluruh isi situs, -r akan membuat wget menelusuri seluruh link. Opsi ini bermanfaat apabila anda membuat mirror sebuah site.

-p (page requisite)

Opsi ini akan memerintah kan wget untuk mendownload halaman depan sebuah situs lengkap dengan gambar dan semua yang ada pada halaman depan situs tersebut.

-k (converts links)

opsi ini penting digunakan apabila kita membuat mirror sebuah situs agar bisa di browse offline.

-A (accept list)

opsi ini biasanya selalu di ikuti dengan nama file yang ingin kita download contohnya: $ wget -r -A gif,jpg,jpeg [URL] dengan command diatas maka wget akan mendownload semua file gif,jpg dan jpeg yang terdapat pada suatu site.

-R (reject List)

Opsi -r berbeda dengan opsi -r (recursive). -R adalah kebalikan dari -A. cotoh : $ wget -r -k -R gif [URL] wget tidak akan mendownload file gif tersebut.

-np(no parent)

dengan opsi ini -r tidak akan menelusuri keatas path. Contoh : $ wget -r -k -np www.aku-ganteng-lo.com/guanteng maka wget akan mengambil seluruh file di www.aku-ganteng-lo.com/guanteng tapi tidak mengambil file di section lain.

-nc (no clobber)

opsi ini merupakan kebalikan dari -c (continue). Jika -c mendownload dari titik putus maka untuk -nc mendownload file tanpa mengganggu file yang sudah setengah download.

-o

Opsi -o berguna untuk mendownload file dan disimpan dalam file tertentu contoh: $ wget-o akuguanteng.txt [URL].

Masih banyak lagi opsi-opsi lain seperti -I, -b, -S -m, -x, -q dan lain lain.

Greet and Thanks :

Wawan mahasiswa Elektro ITB Echoers (maaf saya lupa nicknya. Hiks :( )

Comments