Digit Oktavianto Web Log

Catatan Sampah si Digit

Troubleshoot Error OpenSSH Server Stop/Waiting

| Comments

Kemarin ada kejadian menarik, saat saya tiba-tiba tidak dapat melakukan remote ke salah satu server saya. Ketika saya cek menggunakan nmap, ternyata port 22 pada mesin tersebut closed. Padahal di hari sebelumnya saya masih bisa melakukan remote melalui SSH ke server tersebut. Untungnya saya dapat mengakses fisik server tersebut, sehingga saya bsia mengecek langsung. Sebagai catatan, server ini digunakan oleh beberapa user.

Error yang saya alami cukup aneh, karena setelah saya cek menggunakan command

#ps -ax | grep ssh 

ternyata tidak ad service ssh yang running. Lalu saya coba start service ssh :

#service ssh start
ssh start/running, process 1234

Terlihat dari hasil output diatas, service ssh sudah berjalan,dan ada PID nya. Namun ketika saya cek lagi menggunakan ps -ax, tidak ada service ssh yang berjalan. Lalu saya coba menjalankan command ini :

#service ssh status
ssh stop/waiting

Disana terlihat bahwa service ssh tidak berjalan. Aneh bukan? Lalu saya coba troubleshoot dengan menjalankan ssh server secara standalone dan dalam mode debug, untukmelihat apakah ada salah konfigurasi pada sshd_config atau ssh_config

#/usr/sbin/sshd -p 22 -D -d -e
/etc/ssh/sshd_config line 159: error bla bla bla

Saya lupa pastinya errornya. Hahaha. Yang jelas ternyata ada salah satu user menambahkan konfigurasi di sshd_config namun parameternya salah, sehingga inilah penyebabya ssh server tidak mau berjalan.

Demikian semoga bermanfaat.


Happy Hacking :D

Comments